Genu Varum atau Kaki O

0 Comments

genu varum atau kaki o

Bayi sering dilahirkan dengan kaki tertekuk karena tempat mereka berada dalam keadaan sempit saat berada di dalam rahim. Kaki O berarti lutut melengkung ke luar, menyebabkan ruang yang luas di antara lutut. Kaki O adalah kondisi yang biasanya dialami balita pada usia 2 tahun. Jika kaki O terus berlanjut setelah usia 2 tahun, sebaiknya segera anda lakukan rawatan terapi.

Apa itu kaki O ?

Kaki O (genu varum) adalah suatu kondisi di mana salah satu atau kedua kaki anak Anda melengkung ke luar di lutut. Ini menciptakan ruang yang lebih lebar dari biasanya antara lutut hingga kaki bagian bawah. Saat anak Anda berdiri dengan kaki dan pergelangan kaki menyatu, lutut tetap terbuka lebar. Kaki anak Anda mungkin terlihat seperti busur/melengkung, terutama saat berjalan.

Siapa yang biasanya mengalami kaki O ?
Kaki O sering terjadi pada bayi dan balita. Kondisi ini jarang terjadi hingga parah (sangat melengkung). Bayi yang lahir dengan kaki O biasanya akan sembuh dari kondisi tersebut pada saat mereka berusia 18 bulan. Kaki O juga dapat terjadi pada anak yang lebih besar.

Apa penyebab kaki O pada bayi?
Kaki O terjadi karena sejumlah alasan berbeda. Penyebab paling umum dari kaki O adalah suatu kondisi yang disebut genu varum fisiologis. Saat bayi Anda berkembang di dalam rahim, mereka berada dalam posisi yang sempit. Beberapa tulang bayi Anda harus berputar saat berada di rahim Anda agar bisa muat di ruang kecil.

Genu varum fisiologis hanyalah proses normal yang dilalui anak anda dalam pertumbuhan. Jika kaki anak Anda belum lurus pada usia 2 tahun, mungkin ada alasan lain. Ini termasuk:

Penyakit Blount.
Penyakit Blount (tibia vara) adalah gangguan pertumbuhan yang disebabkan oleh masalah pada lempeng pertumbuhan tulang kering anak Anda. Penyakit Blount lebih sering terjadi pada anak-anak Afrika-Amerika, anak-anak yang kelebihan berat badan dan anak-anak yang berjalan lebih awal.

Rakhitis.
Rakhitis disebabkan oleh kekurangan kalsium atau vitamin D. Kekurangan nutrisi penting ini membuat tulang anak Anda lebih lembut dan lemah, menyebabkan kakinya melengkung. Rakhitis sangat jarang terjadi di indonesia tetapi masih sering terjadi di beberapa negara.

Dwarfisme.
Jenis dwarfisme yang paling umum disebabkan oleh gangguan pertumbuhan tulang yang disebut achondroplasia. Gangguan ini dapat menyebabkan kaki O.

Masalah tulang lainnya.
Patah tulang yang belum sembuh dengan benar dan tulang yang berkembang tidak normal (displasia tulang) dapat menyebabkan kaki O.
Fluoride atau keracunan timbal.

Apa saja gejala kaki O ?
Tanda utama kaki O adalah penampilan kaki anak Anda. Lutut mereka tidak akan bersentuhan ketika mereka berdiri dengan kaki dan pergelangan kaki menyatu. Melengkung paling jelas ketika mereka berjalan. Kadang-kadang anak-anak dapat berjalan dengan jari-jari kaki mengarah ke dalam.

Namun, kaki O biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Kaki O tidak memengaruhi kemampuan anak Anda untuk merangkak, berjalan, atau berlari. Jika kaki O anak Anda tidak mulai membaik pada usia 2 tahun, segera lakukan rawatan terapi.

Bagaimana kaki O didiagnosis?
Penyedia layanan kesehatan anak Anda akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan riwayat kesehatan anak Anda. Tetapi jika anak Anda berusia di bawah 2 tahun, penyedia layanan kesehatan anak Anda mungkin tidak akan melakukan tes lebih lanjut. Sebaliknya, mereka akan menyarankan melihat perkembangan struktur kaki anak anda setelah usia 2 tahun dan memastikan itu sembuh dengan sendirinya saat anak Anda tumbuh.

Jika anak Anda lebih dari 2 tahun, penyedia layanan kesehatan anak Anda dapat mengukur kaki anak Anda dan melakukan rawatan terapi secara bertahap dan melakukan pengawasan.

Bisakah kaki o diperbaiki?
Kaki O pada bayi dan balita di bawah usia 2 tahun biasanya sembuh dengan sendirinya. Untuk anak yang dewasa, bisa segera di lakukan rawatan terapi.

Bagaimana cara mencegah bayi saya dari masalah kaki O?
Ada baiknya ketika bayi anda lahir, di lakukan proses pembedongan hingga anak anda berusis 6 bulan. Walaupun cara ini sangat tradisional, namun cara ini sangat efektif untuk mencegah kaki O pada balita.

Kapan saya harus khawatir tentang bayi saya yang berkaki O?
Jika bayi Anda masih belum sembuh dari kondisi tersebut pada usia 2 tahun, hubungi penyedia layanan kesehatan anak Anda. Mereka dapat melakukan pemeriksaan fisik, memeriksa kondisi yang mendasarinya dan menentukan perawatan yang tepat.

Jika buah hati anda mengalami permasalahan genu varum atau kaki O, anda dapat segera mengambil rawatan terapi di PUSAT TERAPI MASTER HIDAYAH.
Untuk mendapatkan rawatan TERAPI KAKI O TERBAIK, anda dapat langsung datang ke PUSAT TERAPI KAKI X dan KAKI O di MASTER HIDAYAH.
Anda dapat mengontak MASTER HIDAYAH MELALUI:
https://id-id.facebook.com/MasterHidayah/
https://masterhidayah.com/
https://www.instagram.com/master_hidayah/
Atau datang langsung ke pusat terapi master hidayah
jl.raya munjul rt.04/02 no.46 kel.munjul, kec. Cipayung, jakarta timur, daerah khusus ibukota jakarta 13850

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *